Aturan baru facebook - jangkauan facebook menurun
Tayangan halaman adalah berapa kali profil Halaman sudah dilihat orang, termasuk orang yang masuk ke Facebook dan yang tidak.
Jangkauan adalah jumlah orang yang melihat kiriman Halaman Anda. Jangkauan dapat diperinci menjadi orang yang melihat kiriman Anda dengan atau tanpa iklan (kiriman berbayar atau organik).
Dengan adanya peraturan facebook yang baru, jumlah jangkauan menjadi menurun, ini penyebabnya
Facebook menerapkan Edge Rank!
Terdapat 3 bagian utama, yaitu: Affinity, Weight, dan Time Decay dengan penjelasan singkat masing-masingnya seperti ini:
Affinity adalah kualitas hubungan antara content creator dan users. Artinya jumlah interaksi antara users dan Page di masa lalu berpengaruh terhadap dimunculkan atau tidaknya postingan kamu di News Feeds users. Jadi, jika di masa lalu user A pernah nge-klik, nge-like, atau kasih comment di postingan kita, EdgeRank menilai si user A akan merasa tertarik untuk menerima postingan kita lagi dan menempatkan postingan kita sebagai prioritas untuk dimunculkan di News Feed si user A.
Weight adalah bobot yang diberikan dari setiap interaksi yang didasarkan pada jenis postingan. Facebook menerapkan hirarki postingan berdasarkan jenisnya. Jenis foto dan video adalah prioritas pertama, links kedua, dan teks adalah yang paling bawah. Interaksi dari users yang lainnya dapat berpengaruh juga. Misalnya, comments dinilai lebih berbobot dibanding likes, tapi keduanya berpengaruh terhadap bobot penilaian secara keseluruhan. Jadi, status yang hanya terdiri dari teks saja dengan 70 likes dan 15 comments akan cenderung muncul di Newsfeed daripada jenis postingan foto dengan engagement nol besar.
Time Decay diartikan sebagai seberapa 'tua' postingan kita. Semakin 'tua' postingan kita, semakin kecil peluangnya untuk ditampilkan di Newsfeed users. Tapi tidak bersifat kaku gitu saja. Untuk users yang hanya login ke Facebook sekali atau dua kali seminggu, postingan kamu akan relevan untuk lebih lama daripada users yang login dua kali sehari.
4 Hal yang diperiksa EdgeRank Dari Setiap Postingan
- Jejak sejarah interaksi users dengan author: Semakin user engage dengan teman/page, postingan tersebut semakin berpeluang untuk tampil di Newsfeed.
- Jejak sejarah interaksi users dengan tipe postingan: Kalau user seringkali engage dengan tipe postingan tertentu, tipe postingan tersebut berpeluang sering untuk tampil di Newsfeed user.
- Reaksi dari users lainnya untuk postingan tersebut: Semakin banyak users yang engage terhadap postingan tertentu, maka postingan tersebut semakin berpeluang untuk tampil di Newsfeed.
- Jumlah komplain atau respon negatif pada postingan tersebut: Semakin banyak respon negatif terhadap postingan tersebut, semakin kecil peluangnya untuk tampil di Newsfeed.
Mengapa orang yang dijangkau bisa lebih banyak dari jumlah pengikut fanpage ya
Jangkauan organik merupakan total jumlah unik orang yang mendapatkan tayangan kiriman Anda melalui distribusi tak berbayar.
Jangkauan berbayar merupakan total jumlah unik orang yang mendapatkan tayangan kiriman Anda sebagai hasil dari iklan.
Total jangkauan merupakan jumlah unik orang yang melihat kiriman Anda, terlepas dari tempat mereka melihatnya. Jika kiriman Anda mencapai seseorang secara organik dan melalui iklan, orang tersebut akan disertakan dalam jangkauan organik, jangkauan berbayar, dan total jangkauan.
Ingat bahwa jumlah jangkauan kiriman tidak akan sama dengan total jangkauan karena Halaman dapat menjangkau orang melalui konten selain kiriman. Sebagai contoh, jika seseorang mengunjungi Halaman melalui pencarian, mereka akan dihitung dalam total jangkauan tetapi tidak termasuk jangkauan kiriman. Di samping itu, jika seseorang melihat lebih dari satu kiriman Halaman, maka akan dihitung dalam jangkauan kiriman untuk setiap kiriman yang mereka lihat, tetapi hanya dihitung sekali dalam total jangkauan.